Mengatasi Sound Tidak Bunyi di Linux - Mas Fadli

Monday 17 September 2018

Mengatasi Sound Tidak Bunyi di Linux


Assalamualaikum Wr. Wb.
Oke semua setelah kemarin saya sudah memberikan troubleshooting tentang mengatasi wifi yang hanya 50%, untuk kesempatan yang satu ini saya akan berbagi untuk mengatasi troubleshooting ketika sound/speaker kita tidak berfungsi setelah install OS Linux.

A. Pendahuluan
=> Latar Belakang 
Untuk troubleshooting kali ini saya menggunakan laptop Axioo (laptop pribadi). Untuk laptop yang lain saya belum mengetahui apakah cara ini dapat berfungsi atau tidak. Tapi tidak ada salahnya kan jika kita tetap mencobanya.
Sound/speaker merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi pengguna laptop terutama mereka yang suka mendengarkan musik ataupun menonton film, lalu bagaimana jika speaker tersebut tidak dapat berfungsi? Pastinya akan merasa kesal sendiri kan. Saya pun juga pernah mengalami hal seperti itu sebelum
akhirnya menemukan cara ini, meskipun setiap kali saya menghidupkan laptop saya harus melakukan cara ini jika ingin speaker saya aktif/berfungsi.

=> Maksud dan Tujuan
Agar speaker pada laptop dapat berfungsi.

=> Alat dan Bahan
1. Terminal
2. Software multimedia

B. Jangka Waktu
5 Menit

C. Langkah Troubleshooting
1. Pertama pastikan Plugin dari software multimedia kalian sudah diinstal. Jika belum di install kalian tinggal jalankan 1 saja musik/film dan disitu nanti akan otomatis muncul perintah untuk menginstallnya.
2. Jika sudah menginstall dan speakernya tetap belum berfungsi, kalian masuk ke terminal linux (ctrl + alt + t).

3. Selanjutnya ketikkan :
Alsamixer

4. Kemudian jika pada tampilan ada yang kosong silahkan isi dengan menekan tombol up/PgUp


D. Hasil Yang Didapat
Speaker dapat berfungsi dengan baik.

E. Masalah
-

F. Kesimpulan
Tidak semua driver laptop langsung support ketika kita install OS Linux.  

Share with your friends

1 comment

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close