A.
Pengertian
=> Pengertian
=> Pengertian
SOP adalah suatu set instruksi
yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup
hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi,
tanpa kehilangan keefektifannya.
Menurut Tjipto Atmoko, Standart
Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk
melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja
instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan
prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja
yang bersangkutan.
=> Latar belakang
SOP merupakan acuan dasar yang harus diikuti oleh setiap pekerja setiap kali melaksanakan pkerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kerja.
=> Maksud dan Tujuan
Mengerti tentang manfaat, tujuan dan fungsi dari SOP.
B. Jangka Waktu
10 Menit
C. Pelaksanaan
=> Manfaat dari SOP
1.
Sebagai
standarisasi cara yang dilakukan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan dan
tugasnya.
2.
Mengurangi
resiko kesalahan maupun kelalaian dalam pekerjaan.
3.
Menjadikan
pekerja untuk lebih mandiri lagi dan tidak tergantung dengan intervensi
manajemen.
4.
Meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual.
5.
Memberikan
informasi akan beban tugas yang dipikul oleh pekerja
6.
Memberikan
informasi akan kualifikasi yang harus dikuasai oleh pekerja dalam melaksanakan
tugasnya.
=> Tujuan SOP
1.
Agar
pekerja dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerja pegawai atau tim dalam
organisasi atau unit kerja.
2.
Mengetahui
peran dan fungsi tiap posisi di dala organisasi kerja.
3.
Memperjelas
alur tugas, wewenang dan tanggung jawab.
4.
Menghindari
kegagalan maupun kesalahan kerja.
=> Fungsi SOP
1.
Memperlancar
tugas pekerja.
2.
Sebagai
dasar hukum jika ada penyimpangan kerja.
3.
Mengajak
pekerja untuk lebih disiplin.
4.
Pedoman
pelaksanaan kerja.
=> Keuntungan SOP
1.
Pekerja
memiliki percaya diri dan tahu apa yang harus dicapai di setiap pekerjaan.
2.
Pekerja
akan memiliki komitmen dan konsisten.
3.
Untuk
mengukur kinerja dari pegawai.
Mengetahui tujuan, fungsi dan keuntungan SOP
E. Masalah
Tidak ada
F. Kesimpulan
SOP merupakan aturan atau pedoman yang harus diketahui oleh setiap pekerja sehingga dapat menjadi dasar hukum jika terjadi penyimpangan kerja.
G. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar
E-book Pengertian standar operasional kerja (BLC TELKOM KLATEN)